Partisipasi gotong royong warga meningkat

Partisipasi warga Kalasan dalam swadaya gotong royong belakangan ini terus meningkat. Bahkan besarnya dana swadaya tersebut mencapai lima kali lipat dibanding bantuan yang disalurkan oleh pemerintah.

Data Kecamatan Kalasan menunjukkan, tahun 2008 bantuan dana gotong royong yang diterima sebesar Rp242, 9 juta. Sebagai dana penamping, warga berhasil mengumpulkan dana swadaya sebesar Rp1,5 miliar.

Jumlah tersebut meningkat drastis pada 2009. Dana swadaya masyarakat yang berhasil dikumpulkan di empat desa yakni Purwomartani, Selomartani, Tirtomartani dan Tamanmartani besarnya mencapai Rp2,6 miliar. Besarnya dana swadaya tersebut jauh di atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab yang besarnya mencapai Rp304 juta.

Camat Kalasan Priyo Handoyo mengatakan besarnya dana swadaya yang berhasil dikumpulkan tersebut menunjukkan bahwa tingkat partisipasi warga dalam pembangunan di Kalasan sudah cukup tinggi.

Dikatakan, besarnya swadaya warga tersebut membuat pihaknya merasa optimis dalam menatap keberlangsungan pembangunan infrastruktur di daerah tersebut. Menurut Priyo, memang sudah saatnya warga tidak hanya sekedar mengandalkan kucuran dana dari pemerintah saja.

“Sekarang malah terjadi perubahan paradigma. Pemerintah sifatnya hanya mendukung melalui dana stimulan,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/7).

Priyo menambahkan, swadaya masyarakat tersebut sangat terlihat dampaknya dalam pembangunan sarana dan prasarana terutama untuk jalur transportasi dan saluran irigasi. Hal itu, kata dia, memancing pengembangan aspek ekonomi yang lebih besar.

Dari segi manfaat, kata dia, proyek-proyek pembangunan yang merupakan hasil swadaya masyarakat biasanya lebih awet. Hal itu, tambah dia, terjadi karena masyarakat merasa memiliki infrastruktur sehingga mereka melakukan pemeliharaan.

“Dengan cara seperti itu pembangunan akan jadi lebih terarah,” ungkap dia.

Grafis swadaya masyarakat Kalasan

Desa Swadaya Bantuan yang diterima
2008 2009 2008 2009

Selomartani 478,8 juta 741,7 juta 81,3 juta 81,1 juta
Tamanmartani 312,9 juta 465,9 juta 66,3 juta 73,4 juta
Purwomartani 311,7 juta 901,5 juta 50,9 juta 75,7 juta
Tirtomartani 427,9 juta 702,2 juta 44,4 juta 73,6 juta

Sumber: Kecamatan Kalasan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: