Belum semua menganggap arsip penting

Pengunjung sedang mengamati parade foto Sleman Expo

Saat terjadi kebanjiran atau kebakaran kira-kira apa yang pertama kali Anda selamatkan? Sebagian besar sepertinya akan langsung berusaha menyelamatkan diri sendiri dulu, harta benda, baru setelah itu perabotan rumah tangga.

Namun jika Anda berkunjung ke stand Kantor Arsip Daerah yang ada di Sleman Expo di Lapangan Denggung, bisa jadi pemahaman itu akan berubah. Di stand yang luasnya tak lebih dari 2×2 meter tersebut, pengunjung diingatkan kembali soal betapa pentingnya arsip.

Deretan foto-foto maupun data yang dipajang di stand tersebut paling tidak bisa memberikan pencerahan soal makna penting arsip. Baik foto maupun dokumen-dokumen tersebut suatu saat akan dibutuhkan kembali. Jika tersusun dengan rapi, tentunya siapapun tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Di stand arsip ini, para pengunjung bisa melihat foto-foto berbagai perisitiwa antara lain erupsi gunung Merapi dari tahun ke tahun, peristiwa kecelakaan bis yang menewaskan 53 siswa SMK Yapemda Sleman di Situbondo pada 2003, tragedi jembatan Krasak (1991), Gempa Jogja (2006), hingga kecelakaan pesawat Garuda di Bandara Adi Sutjipto (2007).

Selain dokumentasi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi DIY, stand ini juga memamerkan peristiwa-peristiwa aktual mancanegara misalnya saja detik-detik jatuhnya pesawat yang ditumpangi oleh presiden Polandia.

Selain menyaksikan parade foto, pengunjung juga dimanjakan dengan arsip kliping koran kecelakaan SMK Yapemda di Situbondo. Institusi ini melacak dan merangkum kutipan berita yang dimuat oleh sebagian besar media di Jawa Timur, Bali maupun nasional terkait dengan tragedi yang memilukan tersebut.

“Banyak yang menganggap sepele soal arsip. Padahal arsip itu merupakan penyingkap memori yang terpendam. Dengan adanya stand ini kami ingin mengingatkan kembali soal pentingnya penataan arsip bagi siapa saja,” ungkap Sri Wahyuni, Arsiparis Kantor Arsip Daerah yang kebetulan bertugas menjaga stand tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: