Pemdes Sambirejo gagas candi terpadu

Sukardi-Kades Sambirejo

Pemerintah desa (Pemdes) Sambirejo, Prambanan tengah mempersiapkan konsep candi terpadu yang antara lain melibatkan Candi Ijo, Candi Barong, Candi Miri, Candi Tinjon, Arca Dawang, Arca Gumarang, dan Arca Gupala.

Kepala Desa Sambirejo Sukardi mengatakan tujuan pengintegrasian candi-candi tersebut adalah untuk lebih mengangkat perekonomian masyarakat setempat. Menurut dia, hal itu akan sangat membantu untuk mengurangi angka kemiskinan di desa tersebut.

Seperti diketahui, desa Sambirejo merupakan salah satu desa di Prambanan yang letak geografisnya berada di perbukitan berbatu sehingga tanahnya cenderung tidak subur. Data Pemdes setempat menunjukkan 30% dari total 5.026 penduduk Sambirejo, masih berada di bawah garis kemiskinan.

Menurut Sukardi, jika konsep pengintegrasian tersebut bisa dilakukan, maka Sambirejo berpotensi tumbuh menjadi lokasi wisata baru yang menarik wisatawan lokal maupun internasional. Meskipun pengelolaannya tidak langsung ditangani oleh desa, kata dia, namun paling tidak warga setempat juga bisa memperoleh manfaat.

“Mungkin nanti pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah. Namun jika konsep ini bisa diterapkan, warga akan mendapatkan manfaat secara langsung misalnya saja akses jalan yang lebih bagus, ataupun terbukannya lahan pekerjaan baru,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemuai di ruang kerjanya.

Dikatakan, konsep besar candi terpadu tersebut sebenarnya melibatkan enam desa yang ada di Prambanan yang mulai digagas sejak 2008 lalu. Candi terpadu tersebut rencanya dipusatkan di Candi Ijo yang lokasinya tidak jauh dari Balai Desa Sambirejo.

“Konsep yang sudah kami tawarkan tersebut sudah diajukan ke pemerintah. Hasilnya. Kami telah diundang ke provinsi untuk pemaparan dan konsep tersebut sudah dinyatakan layak untuk dikembangkan,” ungkap Sukardi.

Namun sayangnya, kata dia, hingga saat ini pemerintah provinsi belum menunjukkan sinyal kapan pengembangan candi terpadu akan dimulai. Sukardi mengatakan, warga sudah sejak lama mengharapkan hal itu bisa direalisasikan.

“Kalau bisa dikelola dengan baik, warga sudah menyatakan kesanggupannya untuk mendukung. Kami juga sudah siap melakukan sosialisasi kepada warga agar mereka bisa memperlakukan wisatwan dengan baik,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: