H-1 timses wajib serahkan anggaran kampanye

Suryatiningsih Budi Lestari-Anggota KPU Sleman

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman memberikan tenggat waktu penyerahan anggaran kampanye oleh masing-masing kandidat sehari sebelum tahapan kampanye terbuka yakni besok (5/5). Anggaran tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk diaudit.

Anggota KPU Sleman Suryatiningsih Budi Lestari mengatakan sebenarnya pada saat pendaftaran lalu, semua pasangan kandidat sudah menyerahkan nomor rekening kepada KPU. Namun saldo yang tercantum dalam rekening tersebut, semuanya masih saldo awal.

“Semuanya masih saldo awal. Sehari sebelum kampanye dimulai, semua pasangan kandidat sudah harus menyerahkan laporan anggaran kampanye mereka. Nantinya KAP akan melakukan audit untuk mengecek legalitas transaksi yang ada di dalam rekening,” ujar dia kepada Warta Sembada, Senin (5/5).

Menurut Nuning, panggilan akrab dia, dalam peraturan KPU disebutkan bahwa limit sumbangan satu perusahaan untuk kampanye pasangan calon adalah sebesar Rp350 orang. Sedangkan untuk sumbangan perorangan dibatasi hingga Rp25 juta.

“Nah nanti KAP tersebut bertugas untuk mengawasi dana yang masuk, penggunaannya untuk apa saja, apakah sesuai dengan prosedur atau tidak. KAP ini akan memberikan laporan kepada kami,” ungkap dia.

Dikatakan, hingga saat ini penunjukan KAP memang belum dilakukan. Pihaknya berjanji, sebelum pelaksanaan kampanye mulai, penunjukan KAP tersebut sudah akan dilakukan sehingga pengawasan segera bisa dilakukan

“Semakin cepat semakin baik karena pelaksanaan kampanye cukup singkat. Malah kalau bisa, sebelum kampanye dimulai sehingga KAP yang ditunjuk bisa memberikan sosialisasi kepada pasangan calon soal prosedur formal pengisian,” kata dia.

Nuning mengatakan, masalah rekening ini bisa menjadi batu sandungan bagi para kandidat. Menurut Peraturan KPU No 69 Tahun 2009 tentang petunjuk teknis kampanye KPU memiliki wewenang untuk membatalkan keikutsertaan kandidat jika ditemukan adanya pelanggaran dalam dana kampanye.

Seperti diketahui, Pilkada Sleman 23 Mei mendatang akan diikuti oleh tujuh pasangan cabup/cawabup yakni Bugiakso-Kabul Mudji Basuki, Mimbar Wiyono-Cahyo Wening, Sukamto-Suhardono, Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu, Zaelani-Heru Irianto Dirjaya, Hafidh Asrom-Sri Muslimatun Damanhuri, dan Ahmad Yulianto-Nuki Wakhinadatun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: