Kandidat teken deklarasi kampanye damai

Para kandidat berfoto bersama usai menandatangani deklarasi kampanye damai

Seluruh kandidat yang akan berkompetisi pada Pilkada 23 Mei mendatang menyatakan kesanggupan untuk menggelar kampanye secara damai yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman pada 6-19 Mei.

Kesanggupan para kandidat tersebut dinyatakan dalam penandatanganan deklarasi kampanye damai yang digelar di halaman Mapolres Sleman, Minggu (2/5). Deklarasi kampanye damai ini diawali dengan sumpah oleh seluruh pasangan calon.

Beberapa butir diantaranya ialah mewujudkan kampanye yang kondusif serta mematuhi dan menerima hasil pemilukada dengan hati yang terbuka. Setelah itu, seluruh pasangan calon membubuhkan tanda tangan kesepakatan damai yang disaksikan oleh Ketua KPU Sleman, Ketua Panwas Sleman dan Kapolres Sleman.

Ketua KPU Sleman, Djajadi mengatakan, deklarasi kampanye damai ini sengaja digelar untuk menjaga kebersamaan diantara seluruh pasangan calon. Sehingga, suasana damai, aman, tertib dan lancar dapat tercipta semasa kampanye.

“Semua harus menjaga suasana yang kondusif serta tidak saling menjatuhkan satu sama lain. Seperti yang telah tertuang dalam pasal 13 Peraturan KPU No 6 tahun 2010, bahwa kampanye harus dilakukan dengan cara yang mendidik serta sopan,” terangnya.

Bupati Sleman yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbanglinmas Sleman Urip Bahagia menambahkan, semasa kampanye seluruh calon harus mampu mengendalikan para pendukungnya.

“Jangan sampai ketika di lapangan terjadi gesekan antar pendukung sehingga mencoreng pesta demokrasi di Kabupaten Sleman. Mari kita jadikan Pilkada di Sleman ini sebagai barometer tonggaknya demokrasi,” tandasnya.

Kendaraan yang digunakan oleh masing-masing calon pun seakan memiliki makna sendiri. Pasangan Bugi-Kabul menaiki Jeep terbuka dengan plat AB 1 BK. Pasangan Mimbar-Wening lebih memilih colt terbuka dan duduk diatas dua kursi. Pasangan Sukamto-Suhardono mengendarai Nissan Terrano AB 3 KH.

Pasangan Sri Purnomo-Yuni masing-masing menggunakan Kijang Inova AB 4 SP dan Nissan X-Trail AB 4 YN. Pasangan Jaelani-Dirjaya dengan mobil Nissan terbuka dengan payung diatasnya. Pasangan Hafidh-Muslimatun Jeep Terbuka serta mengenakan caping. Pasangan Yuli-Nuki dengan rombongan Toyota Avanza.

Sementara rute pawai kampanye damai ini hanya melewati 11 dari 17 kecamatan yang ada di Sleman. Start diawali dari Mapolres Sleman menuju Selatan dan berbelok ke timur di perempatan Denggung, Ring road Utara, Pasar Sidorejo, Pasar Ngemplak, Pasar Pakem, Perempatan Turi, Lapangan Lumbungrejo, Pasar Godean, Pasar Cebongan, Jombor, dan finish di Monjali.

Seperti diketahui, Pilkada Sleman 23 Mei mendatang akan diikuti oleh tujuh pasangan cabup/cawabup yakni Bugiakso-Kabul Mudji Basuki, Mimbar Wiyono-Cahyo Wening, Sukamto-Suhardono, Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu, Zaelani-Heru Irianto Dirjaya, Hafidh Asrom-Sri Muslimatun Damanhuri, dan Ahmad Yulianto-Nuki Wakhinadatun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: