Poktan belum membentuk forum Minapolitan

Rendahnya harga ikan konsumsi di Berbah belakangan ini diperkirakan karena adanya permainan harga oleh para tengkulak yang menerapkan sistem panen tebas. Sistem tersebut membuat nilai tawar petani ikan jadi lebih rendah.

Kepala Desa kalitirto Sudarjo mengatakan, untuk menghindari sistem yang merugikan para petani tersebut, perlu dibentuk suatu forum yang mewadahi para petani ikan sehingga kepentingan-kepentingan para petani jadi lebih terlindungi.

Dalam pengembangan konsep Berbah Minapolitan, kata dia, pembentukan forum petani ikan ini mutlak menjadi suatu kebutuhan karena nantinya forum tersebut bisa dijadikan sebagai lembaga legal bagi para petani.

“Sampai saat ini kolompok petani ikan yang ada di Kalitirto belum membentuk sebuah forum. Padahal forum itu sangat dibutuhkan demi kelangsungan Berbah Minapolitan,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemui di Balai Desa.

Menurut Sudarjo, forum petani ikan itu nantinya sekaligus bisa menjadi forum komunikasi para petani sehingga nantinya ada standarisasi harga dan kualitas ikan konsumsi. Tanpa adanya standarisasi itu, kata dia, para petani cenderung akan bersaing secara tidak sehat.

“Jika para petani ikan ingin ada perbaikan nasib, maka harus dihilangkan ego masing-masing dengan bergabung dalam satu wadah. Jika sudah ada forum yang melembaga, maka harga bisa distandarisasi sehingga menghindari persaingan yang tidak sehat,” kata dia.

Dikatakan, di Kalitirto sudah ada beberapa kelompok tani yang sudah eksis antara lain adalah Yasamina, Ajirmina, Ledokpri dan Sumberlor. Poktan-poktan tersebut, kata dia, disarankan untuk berinisiatif melakukan pembicaraan.

“Yang menentukan adalah para petani itu sendiri. Maju tidaknya nanti Minapolitan ini tergantung kegigihan mereka,” kata dia.

Selain itu, kata Sudarjo, belum adanya pasar ikan yang resmi di wilayahnya menyebabkan adanya kecenderungan harga yang tidak seragam. Memang selama ini sudah ada beberapa pasar yang kerap dijadikan sebagai lokasi transaksi seperti pasar Ledokpri dan Cangakan.

“Sebagai bagian dari konsep Berbah Minapolitan, kami juga telah memberi masukan agar dibuat pasar khusus sebagai tempat transaksi ikan. Lokasi yang menurut kami cocok untuk itu adalah Pasar Kliwon,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: