Pasar Kliwon disulap jadi show room ikan

Pasar kecamatan Berbah yang sering disebut dengan Pasar Kliwon, Tegaltirto, direncanakan disulap menjadi show room produksi perikanan. Pengembangan pasar Kliwon tersebut dilakukan untuk mendukung konsep Berbah Minapolitan.

Camat Berbah Krido Suprayitno mengatakan, pasar Kliwon nantinya akan tetap mengikuti ciri pasar tradisional dengan fasilitas layanan modern. Untuk mewujudkan misi tersebut, kata dia, pasar yang saat ini masih terlihat kumuh tersebut akan ditata.

“Pasar itu akan ditata, termasuk para pedagang yang ada di sana. Sekarang memang masih terlihat kumuh, namun nantinya akan dikembangkan menjadi pasar yang sehat. Dengan adanya pasar ikan tersebut, maka positioning petani ikan pun akan terangkat,” ujar dia kepada Warta Sembada, di ruang kerjanya, Selasa (4/5).

Show room itu, kata dia selanjutnya akan menjadi contoh produksi ikan oleh konsumen. Jika para konsumen merasa cocok dengan produk ikan konsumsi ataupun ikan hias yang ditawarkan, maka konsumen bisa langsung bertransaksi di sentra ikan yang dimaksud.

“Show room itu nantinya hanya akan menjadi tempat percontohan saja. Konsumen bisa melihat berbagai produk ikan yang ditawarkan dengan harga yang bersaing dan kualitas yang terjamin. Sedangkan transaksinya bisa dilakukan di masing-masing sentra ikan,” kata dia.

Pengembangan Minapolitan memang melibatkan semua desa yang ada di Berbah. Masing-masing desa diproyeksikan menjadi sentra produksi jenis ikan tertentu yakni Kalitirto sebagai sentra nila dan lele, Jogotirto sentra gurame, Tegaltirto sentra patin dan Sendangtirto sebagai sentra udang galah.

Menurut Krido, upaya yang dilakukan kecamatan ternyata disambut antusias oleh warga setempat. Menurut Krido, warga sudah sepenuhnya sadar bahwa mereka sering menjadi objek permainan harga para tengkulak yang menerapkan sistem tebas.

“Sistem tebas itu kan sangat merugikan para petani ikan. Mereka sama sekali tidak memiliki nilai tawar yang tinggi. Dengan penerapan Minapolitan ini, nasib petani akan lebih terjamin karena akan ada standar harga dan mutu produksi ikan,” kata Krido.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: