Jalanan di Depok sudah perlu diperlebar

Kondisi lalu lintas di wilayah Depok dinilai sudah terlalu semrawut. Permasalahannya, kepadatan arus lalu lintas di daerah tersebut tidak diimbangi dengan pelebaran jalan. Tidak mengherankan jika arus lalu lintas di sana sering tersendat.

Anggota DPRD Sleman Nurcholis Suherman mengatakan, pihaknya banyak menerima masukan dari konstituen (warga setempat) yang meminta agar beberapa ruas jalan di Depok terutama jalan Seturan diperlebar.

“Kawasan di sepanjang Seturan saat ini kan telah menjelma menjadi pusat bisnis untuk wilayah Sleman. Jadi sangat wajar jika traffic lalu lintasnya juga tinggi, namun sayangnya ruas jalannya masih sangat sempit,” ungkap legislator asal Depok ini.

Nurcholis berharap agar instansi terkait segera menindaklanjuti permintaan warga tersebut. Pasalnya jika hal itu dibiarkan terus-menerus, ke depannya permasalahan yang ditimbulkannya justru akan semakin rumit.

“Di wilayah Depok ada kecenderungan pembangunan infrastruktur selalu kalah dengan pertumbuhan kawasannya. Ke depannya Pemkab harus lebih bisa mengantisipasi perkembangan yang terjadi di wilayah itu,” ungkap legislator Golkar ini.

Dikonfirmasi terpisah Kasie pemeliharaan jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Sleman Fauzan mengatakan pihaknya menyadari bahwa sebagian ruas jalan kabupaten di wilayah Depok memang sudah perlu untuk diperlebar.

Namun sayangnya, kata dia, hal itu belum bisa dilakukan karena adanya keterbatasan anggaran. Menurut Fauzan, biaya tertinggi pelebaran jalan untuk wilayah Depok sebenarnya bukan untuk materialnya tetapi lebih ke pembebasan lahannya.

“Pembebasan lahan warga untuk pelebaran jalan biayanya sangat tinggi bahkan tiga kali lipat bila dibanding biaya pelebaran jalannya. Daerah Depok kan penduduknya sangat padat dan harga tanahnya sudah sangat mahal,” ungkap dia.

Menurut Fauzan, ada tiga ruas jalan yang sudah layak diperlebar di wilayah Depok yakni Jalan Seturan, Nologaten, dan Ambarrukmo. Dikatakan, dilihat dari traffic lalu-lintasnya sudah sewajarnya ketiga ruas jalan tersebut diperlebar menjadi 7 meter.

“Sebenarnya tuntutan seperti itu sudah ada sejak tahun 2003 lalu. Namun karena keterbatasan anggaran, kami belum berani membuat target. Sebagai daerah batas kota, ruas jalan di Depok memang sudah harus diperlebar,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: