ABG dongkrak jumlah DPT

Banyaknya jumlah anak baru gede (ABG) yang menjadi pemilih pemula ikut mendongkrak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kalasan. Pada pilpres lalu, jumlah pemilih di Kalasan hanya mencapai angka 52 ribu pemilih. Namun pada Pilkada kali ini, jumlahnya membengkak menjadi 55.666 pemilih.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalasan Rahmad Gunadi mengatakan, membengkaknya jumlah pemilih tersebut diakibatkan oleh tingginya angka pertumbuhan di Kalasan. Menurut dia, tingginya mobilitas warga dan banyaknya bermunculan komplek-komplek perumahan baru, ditengarai menjadi penyebabnya.

“Tingkat pertumbuhan di Kalasan memang termasuk tinggi. Tidak mengherankan jika banyak pemilih pemula yang muncul. Data di DPT tersebut merupakan jumlah yang ril setelah mengalami tahapan coklit,” ujar dia saat ditemui di Warta Sembada kantornya, Senin (10/5).

Rahmad memperkirakan, jumlah pemilih pemula di Kalasan setidaknya mencapai 3000 orang. Dia berharap gencarnya sosialisasi yang dilakukan bisa mengangkat jumlah partisipasi pemilih dalam pemungutan suara mendatang.

“Kami giat melakukan sosialisasi terutama untuk pemilih pemula melalui berbagi forum baik di tingkat kecamatan hingga ke tingkat pedukuhan. Sosialisasi tersebut antara lain dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat setempat, kata dia.

Meski mengalami peningkatan jumlah pemilih, namun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kalasan mengalami penurunan. Jika pada pilpres lalu jumlah TPS mencapai 146, pada Pilkada ini hanya menyisakan 136 TPS saja.

“Penurunan jumlah TPS ini diakibatkan karena adanya perubahan quota DPT per TPS. Pada pilpres lalu quota pemilih per TPS maksimal 300 orang. Namun untuk Pilkada kali ini, quota per TPS naik menjadi 600 orang,” kata dia.

Ditambahkan oleh Eni Tri Indriastuti, anggota PPK Kalasan lainnya, pihaknya sudah mendistribusikan form C6 (surat undangan untuk memilih) ke Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) di desa-desa. Namun pengisian nama-nama pemilih, kata dia, belum bisa dilakukan karena logistik Pilkada lainnya yakni DPT masih belum turun dari DPT.

“Pengisiaan nama-nama pemilih untuk surat undangan masih terkendala dengan belum adanya DPT. Padahal form C6 sudah kami distribusikan sejak minggu lalu,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: