Renovasi pasar Prambanan telan Rp3 miliar

Renovasi pasar Prambanan yang dijadwalkan akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp3 miliar.

Pasar terbesar di wilayah Sleman timur ini menempati tanah kas desa (TKD) Bokoharjo yang totalnya mencapai 2.500 meter persegi. Data Kecamatan Prambanan menunjukkan setidaknya saat ini ada sekitar 1.800 pedagang yang menggantungkan hidup dari peruntungan di pasar tersebut.

Lokasi pasar tepat berada di daerah dengan kepadatan tinggi yakni di pintu masuk kecamatan Prambanan. Selain pasar, di tempat itu juga berdiri dua lokasi vital lainnya yakni terminal dan kantor camat.

Camat Prambanan Hardjito mengatakan kondisi pasar saat ini memang sangat memprihatinkan karena di sana-sini banyak terjadi kerusakan. Pasar ini, kata dia, mengalami kerusakan terutama akibat gempa pada 2006 lalu.

“Kalau dibiarkan seperti itu terus-menerus, para pedagang lama-lama bisa lari. Kondisinya memang sudah sangat memprihatinkan apalagi pada 2006 lalu juga terkena gempa namun belum ada perbaikan,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Hardjito, selain sudah rusak, kondisi pasar juga terkesan kumuh. Pasalnya sebagian pedagang berjualan hingga ke ruas jalan di sisi utara dan barat. Luberan pedagang ini sering membuat arus kendaraan yang hendak masuk dan keluar terminal tersendat.

“Pedagang banyak yang berjualan hingga ke badan jalan sehingga membuat kondisi lalu lintas menjadi terganggu. Nantinya jika renovasi sudah dilakukan, para pedagang sekaligus akan ditata, tidak boleh lagi berjualan hingga ke ruas jalan,” kata dia.

Dikatakan, sudah ada investor yang tertarik untuk melakukan renovasi pasar tersebut. Rencanaya, kata dia, pasar akan dibangun menjadi dua lantai. Sebagian dari Lower ground akan dijadikan sebagai tempat parkir.

“Parkir kan menjadi salah satu permasalahan di semua pasar. Karena itu kami memilih untuk menata parkir juga sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan lancar tanpa diganggu oleh kemacaten lalu lintas di sekitar pasar,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: