KPU rekrut 50 tenaga lepas packing logistik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman akan merekrut sekitar 50 orang tenaga lepas yang akan dipekerjakan untuk melakukan packing logistik Pilkada.

Anggota KPU Sleman Lukmanul Hakim menatakan pihaknya memang baru akan melakukan packing pada H-6 Pilkada. Dikatakan, proses packing tersebut diperkirakan akan selesai dalam tempo tiga hari sehingga pengiriman logistik bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Untuk sementara ini masih dibiarkan terlebih dahulu sambil menunggu logistik lain yang belum datang. Pada h-5 atau H-6 packing akan kami lakukan. Saya memperkirakan setidaknya dibutuhkan 50 orang pekerja lepas untuk pengemasan logistik. Namun untuk jumlah pastinya baru akan dirapatkan dalam waktu dekat ini,” ujar dia kepada Warta Sembada, Kamis (13/5).

Menurut Lukman, dibanding dengan logistik Pileg dan Pilpres lalu, pengemasan logistik untuk pilkada jauh lebih mudah. Pelipatan surat suara Pilkada, kata dia, tidak lagi dilakukan di KPU karena sudah dilakukan langsung oleh rekanan.

“Surat suara tiba di KPU sudah dilipat sehingga nantinya tidak diperlukan lagi pekerja borongan. Tenaga lepas tersebut nantinya tugasnya hanyalah memecah-mecah logistik yang masih terpisah ke dalam kotak suara yang segera dikirimkan ke daerah,” ungkap dia.

Ditanya soal pengosongan kotak suara, menurut Lukman mulai akan dilakukan hari ini (14/5). Sedangkan isi kotak yang masih dipenuhi oleh surat suara pilpres lalu akan dipisahkan. Pemusnahan surat suara baru akan dilakukan setelah Pilkada selesai.

“Aturan pemusnahan memamng sudah ada, namun kami masih belum bisa melakukan hal itu. Sementara ini kami masih akan fokus untuk packing logistik pilkada terlebih dahulu,” kata dia.

Sementara untuk logistik, menurut Lukman sudah dijaga ketat oleh pihak kepolisian. KPU, kata dia, telah berkoordinasi dengan Polres Sleman saat logistik tersebut tiba di KPU. Namun untuk banyaknya petugas yang diturunkan, Lukman mengaku tidak tahu persis.

“Jumlahnya saya tidak tahu karena kepolisian tentunya punya aturan main sendiri. Untuk tugas pengamanan logistik sepenuhnya menjadi tugas aparat,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: