Hari terakhir, SP-Neni unjuk kekuatan

Pasangan calon bupati/wakil bupati Sleman Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu hari ini (18/5) yang mengakhiri kampanyenya merencanakan menggelar rapat terbuka secara besar-besaran di halaman parkir Stadion Maguwoharjo, Depok.

Ketua DPC PDIP Sleman Rendradi Suprihandoko mengatakan, kampanye rapat umum tersebut direncanakan akan menghadirkan tokoh sentral PDIP yakni Puan Maharani, Maruar Sirait dan Rieke Dyah Pitaloka.

“Ketiganya telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi jurkam bagi pasangan SP-Neni. Rencananya kampanye besok (hari ini) akan melibatkan massa PDIP lebih dari 15 ribu orang,” ungkap mantan Ketua DPRD Sleman ini kepada Warta Sembada, Senin (17/5).

Menurut Rendradi, di hari terakhir kampanye terbuka, tim sukses dari tiga parpol pendukung yakni PDIP, PAN dan Gerindra sekaligus akan digabungkan menjadi satu. Sebelumnya, kata dia, masing-masing unsur pendukung berimprovisasi dengan cara masing-masing.

“Selanjutnya seluruh kekuatan akan disatukan untuk pemenangan,” ungkap dia.

Kondisi berbeda justru dilakukan dua kandidat lain yang juga menggelar kampanye rapat umum terakhir. Hafidh Asrom, kandidat yang diusung oleh koalisi Demokrat, PKS, dan PPP mengatakan pihaknya tidak akan memanfaatkan kampanye hari terakhir dengan menggelar rapat terbuka. Hafidh justru akan menggelar doa bersama dengan anak yatim piatu.

“Efek dari rapat terbuka hingga saat ini masih dipertanyakan. Padahal biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, sementara warga sendiri juga sudah muak dengan kampanye seperti itu. Karena itu kami cenderung berupaya menghindarinya,” kata anggota DPD RI yang mewakili DIY ini.

Menurut Hafidh, dari hasil penelusuran timnya di lapangan ternyata masih banyak warga Sleman yang sama sekali belum tahu soal Pilkada yang akan segera digelar. Karena itu pihaknya lebih memilih melakukan sosialisasi hingga ke desa-desa.

“Kami lebih memilih melakukan sosialisasi ke pedukuhan-pedukuhan. Selain itu kami juga akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di hari terakhir kampanye. Rencananya akan dipusatkan di Sleman Barat,” ungkap dia.

Ketua DPD I Partai Golkar Sleman Purwanto Johan Riyadi mengatakan, pihaknya juga tidak akan menggelar rapat umum pada pelaksanaan kampanye terakhir bagi pasangan Zaelani-Heru Irianto Dirjaya.

“Besok (hari ini) rencanaya kami hanya akan menggelar kampanye dengan melakukan kunjungan ke pasar-pasar di wilayah Turi, Tempel dan Mlati. Anggaran kami tidak cukup untuk menggelar kampanye terbuka. Lagipula kampanye terbuka bukan merupakan suatu kewajiban,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: