KPU surati tim sukses, Panwas jaga full time

Sebagai langkah antisipasi kemungkinan timbulnya politik uang pada pelaksanaan pilkada 23 Mei mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman akan menyurati masing-masing tim sukses yang berlaga.

Ketua KPU Sleman Djajadi mengatakan money politics memang bisa menimbulkan suasana yang tidak kondusif dalam pelaksanaan pilkada. Karena itu pihaknya merasa perlu untuk menyurati tim sukses agar bertindak secara sportif.

“Dalam surat edaran tersebut kami akan menghimbau para tim sukses untuk melaporkan dana kampanye, menertibkan atribut kampanye dan juga bertindak sportif dalam pilkada alias tidak melakukan money politics,” ujar dia kepada Warta Sembada di ruang kerjanya, Senin (17/5).

Menurut Djajadi, surat edaran tersebut akan dikirimkan ke masing-masing tim sukses pada saat hari terakhir kampanye terbuka. Surat edaran tersebut, kata dia, sekaligus untuk memenuhi amanat undang-undang pemilu.

“Sudah menjadi kewajiban kami untuk meningatkan para kandidat agar bertindak sesuai dengan aturan yang ada,” kata dia.

Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Sleman Sunardi mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya praktik money politics yang dilakukan oleh para kandidat atau pun oleh masing-masing tim sukses.

“Cuma ada pasar murah saja, tapi itu pun belum bisa dikategorikan sebagai pelanggaran karena harganya saja yang dibuat lebih murah dibanding dengan harga normal. Tim sukses sepertinya memang sudah pintar mengakali agar tidak melanggar aturan,” kata dia.

Sunardi memprediksi, politics uang akan ramai bergulir pada saat minggu tenang berlangsung. Menurut dia, seperti pengalaman-pengalaman yang sudah-sudah, amplop akan bertebaran pada malam hari ke rumah-rumah penduduk.

“Tapi kalau tidak tertangkap tangan kami akan kesulitan karena biasanya amplop itu anomim atau tidak pakai nama. Namun kami tetap akan melakukan langkah antisipasi dengan melakukan penjagaan selama 24 jam sesuai dengan wilayah masing-masing,” ungkap dia.

Sunardi mengatakan mulai 19 Mei hingga 24 Mei mendatang pihaknya akan membuka kantor Panwas hingga jam 00.00 WIB sehingga warga bisa memberikan aduan secara langsung. “Kalau ada laporan kami akan langsung turun. Sementara semua unsur Panwas di kabupaten dan kecamatan juga akan keliling,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: