Logsitik tiba di TPS H-1

Tahapan pengemasan (packing) logistik Pilkada Sleman yang akan digelar pada 23 Mei mendatang sudah memasuki titik akhir. Diprediksi logsitik keperluan pencoblosan tersebut sudah tiba di tiap TPS pada H-1.

Untuk kelancaran distribusi, hari ini direncanakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari setiap wilayah akan memeriksa isi kotak yang akan dikirim ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman Lukmanul Hakim mengatakan, berbeda dengan Pileg dan Pilpres lalu, logistik Pilkada tidak akan ditempatkan di PPK terlebih dahulu, melainkan langsung dikirim ke PPS.

Menurut Lukman, hal itu ditujukan agar proses distribusi logistik tidak terlalu memakan waktu yang lama. Dikatakan, jika harus menginap di PPK, dikhawatirkan logsitik tersebut tidak bisa tiba tepat waktu karena cakupan wilayah masing-masing kecamatan cukup luas.

“Jadinya PPK hanya bertugas untuk mengecek kecocokan logistik saja, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Jika tidak cocok nantinya akan cukup merepotkan pada saat pelaksanaan,” ujar dia kepada Warta Sembada, Selasa (18/5).

Terkait dengan kemungkinan adanya surat suara yang rusak, Lukman mengatakan hal itu sudah diantisipasi saat surat suara masih berada di percetakan. Menurut dia, proses pelipatan surat suara yang dilakukan oleh mesin cukup teliti.

“Kami menurunkan staf ke percetakan untuk keperluan pengecekan surat suara agar kondisinya bisa dalam keadaan baik. Jadi tidak perlu dikhawatirkan soal kerusakan surat suara karena sudah kami antisipasi sejak dini,” kata dia.

Lukman mengatakan, selama proses finishing di percetakan memang ada ditemukan surat suara yang rusak sebanyak 300 lembar. Namun pihak percetakan, kata dia, langsung melakukan penggantian surat sura yang rusak tersebut.

“Satu-dua memang bisa lolos sensor mesin. Namun kami juga kan menyediakan surat suara cadangan sebanyak 2,5%. Nantinya surat suara yang rusak bisa diketahui sebelum proses pencoblosan di TPS dimulai,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: