Incumbent dominan di 16 kecamatan

Pasangan kandidat incumbent Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu dominan di 17 kecamatan pada Pilkada 23 Mei lalu. Pasangan ini hanya mengalami kekalahan di satu kecamatan yakni Ngemplak.

Data rekapitulasi sementara hasil perhitungan suara tingkat kecamatan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman menunjukkan pasangan yang diusung oleh PDIP, PAN dan Gerindra ini menang besar di daerah Sleman bagian Selatan.

Suara terbesar pasangan ini didapat dari kecamatan Depok yakni sebesar 17.791 dari total 49.093 suara. Saingan terdekat pasangan ini adalah Sukamto-Suhardono (11.166). Pasangan Hafidh Asrom-Sri Muslimatun yang awalnya diperkirakan memiliki massa yang solid di kecamatan tersebut ternyata melempem dengan perolehan hanya mencapai 9.508 suara.

Di kecamatan Gamping yang memiliki jumlah pemilih terbesar kedua yakni 41.109, pasangan SP-Neni lagi-lagi untung besar dengan mendulang sebanyak 12.820 suara. Pasangan Sukamto-Suhardono juga menjadi lawan yang cukup tangguh di kecamatan ini karena koalisi pelangi itu berhasil mengumpulkan 9.162 suara. Posisi ketiga ditempati oleh pasangan independen Bugiakso-Kabul Mudji Basuki dengan perolehan suara sebanyak  8.405.

Persaingan ketat justru terjadi di kecamatan Ngemplak. Dua pasang kandidat yakni SP-Neni dan Sukamto-Suhardono bersaing sangat ketat. Di kecamatan ini SP-Neni memperoleh suara sebanyak 9.016, atau kalah tipis dari pasangan Sukamt-Suhardono yang mendulang 9.175 suara. Posisi ketiga ditempati pasangan Bugi-Kabul dengan perolehan 3.745 suara.

Kemenangan terbesar pasangan SP-Neni didapat dari kecamatan Pakem. Di kecamatan yang total suara sahnya mencapai 18.297 ini, pasangan incumbent meraih suara yang hampir separuh yakni sebanyak 8.028. Saingan terdekatnya yakni Bugi-Kabul hanya mempeleh suara sepertiganya saja yakni sebanyak 3.271. Hafidh-Muslimatun membuntuti di posisi ketiga dengan jumlah 2.854 suara.

Di wilayah Sleman paling utara yakni kecamatan Cangkringan, pasangan SP-Neni juga cukup dominan yakni dengan perolehan sebanyak 6.540 dari total 16.390 suara sah. Di posisi kedua dan ketiga berturut-turut adalah Sukamto-Suhardono (3.356) dan Bugi-Kabul (3.247).

Pasangan ini juga unjuk gigi di wilayah Sleman timur yakni di Prambanan, Kalasan dan Berbah. Di ketiga kecamatan tersebut SP-Neni juga tampil sebagai pemenang dengan perolehan suara masing-masing 9.297, 11.456, dan 9.055.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: