5% warga Ngemplak belum ber-KTP

Meski persyaratan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) sudah begitu mudah, namun nayatanya di kecamatan Ngemplak diperkirakan sekitar 5% warga yang sudah saharusnya mengantongi kartu identitas tersebut belum melakukan pengurusan.

Kasie Pelayanan Umum Kecamatan Ngemplak Endang Mulatsih mengatakan, dengan adanya sistem pembuatan KTP elektronik (e-KTP) sebenarnya warga hanya perlu menunggu selama satu jam untuk membuat KTP.

“Tapi nyatanya masih ada warga yang belum memiliki kartu identitas,” ungkap dia.

Berbekal dari fakta tersebut, kata dia, pihak kecamatan menggagas ide untuk menerapkan sistem jemput bola. Sistem tersebut diyakini akan lebih ampuh karena warga tidak perlu capek-capek lagi datang ke kantor kecamatan, melainkan mereka yang akan didatangi oleh petugas.

Untuk konsep penerapannya, Endang mengaku belum memiliki gambaran yang detail. Namun paling tidak, kata dia, pembuatan e-KTP tersebut bisa dilakukan mengikuti konsep pembuatan SIM keliling yang terbukti diminati oleh warga.

“Mudah-mudahan tahun depan konsep jemput bola tersebut sudah bisa dilakukan,” ungkap dia.

Dikatakan, sebenarnya pihaknya memiliki pencapaian diatas tuntutan Pemkab. Tahun lalu, kata dia, lebih dari 12 ribu KTP baru telah dibuat. Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan oleh Pemkab yakni sebanyak 11 ribu.

Sebelum menerapkan pola jemput bola, kata dia, pihak kecamatan lebih mengintensifkan sosialisasi e-KTP. Dia mengatakan, sebagian warga memang lebih menyukai sistem seperti itu, namun tidak sedikit juga yang menentang.

“Alasan yang menentang adalah karena masalah mobilitas. Dengan sistem e-KTP, pemohon harus datang sendiri karena petugas akan melakukan pemotretan langsung untuk pas foto,” ungkap Endang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: