Musim tanam tembakau molor

Musim tanam tembakau di desa Selomartani, Kalasan molor sebulan lebih karena hingga saat ini hujan masih sering turun. Tanaman tembakau memang dikenal sangat sensitif dengan keberadaan musim hujan tersebut.

Kepala Desa Selomartani Nur Widayati mengatakan biasanya para petani mulai menanam tembakau pada awal Mei. Namun lantaran pada saat itu musim hujan masih belum berakhir, para petani baru mulai menanam sejak beberapa hari terakhir ini.

“Biasanya sih awal Mei, tapi tahun ini sepertinya molor karena musim kemarau belum datang,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/6).

Menurut Nur, hingga saat ini komoditi tembakau memang masih menjadi andalan sebagian besar petani di desa tersebut. Dia membantah jika mundurnya penanaman tembakau tersebut disebabkan karena gonjang-ganjing pembahasan RUU pengendalian produk tembakau.

Nur mengatakan, pihaknya belum ada menerima keluhan dari warga terkait dengan adanya rencana pembatasan produksi tembakau oleh pemerintah. Sebagaian besar petani, kata dia, sudah mendapat pesanan dari langanan mereka.

“Biasanya petani sini memiliki pelanggan tetap dari pabrik rokok di Muntilan. Karena itu banyak yang sudah berani menyewa lahan dalam skala besar,” kata dia.

Dikatakan, pada akhir bulan Mei ini memang belum banyak petani yang sudah mulai menanam tembakau. Sebagian besar, kata dia, masih menunggu kondisi cuaca yang cenderung ekstrim dan membahayakan tanaman tembakau.

Meski mundur, kata dia, namun dampaknya tidak terlalu mengganjal para petani. Kebaradaan kelompok tani, ungkap Nur, sangat membantu para petani terutama dalam hal permodalan dan pengadaan bibit.

Dikatakan, di Selomartani saat ini ada sembilan kelompok tani yang khusus menanam komoditas tembakau. Masing-masing kelompok, tukas dia, memiliki lahan garapan yang bervariasi yakni antara 10 sampai 20 hektar.

“Bahkan lahan garapan kelompok tani saat ini tidak hanya di Selomartani saja, tapi juga sudah masuk ke desa-desa lainnya,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: