Terminal Prambanan segera direnovasi

Terminal bus penumpang Prambanan dalam waktu dekat ini akan direnovasi.

Camat Prambanan Hardjito mengatakan, renovasi tersebut memang sudah perlu dilakukan mengingat terminal merupakan salah satu objek perwajahan pintu masuk kecamatan Prambanan. Menurut dia, saat ini kondisi terminal masih terlihat kumuh sehingga tidak menarik secara estetika.

Dikatakan, renovasi tersebut berawal dari keinginan pihak kecamatan untuk mempercantik pintu masuk Prambanan dari timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten (Jawa Tengah). Selain terminal beberapa fasilitas lain juga turut dibenahi yakni pembangunan Taman Gaul dan renovasi pasar Prambanan.

“Untuk pembangunan Taman Gaul saat ini sudah berjalan. Tinggal menunggu finishing. Sedangkan untuk terminal dan pasar, masih dalam tahap perencanaan,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Hardjito, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sleman terkait adanya rencana renovasi tersebut. Dia menambahkan, anggaran renovasi tersebut sudah masuk dalam tahun ini.

“Untuk besarnya biaya yang dibutuhkan kami belum mengetahui secara pasti. Namun info yang kami terima, renovasi tersebut akan dilakukan tahun ini,” kata dia.

Untuk konsep perwajahan, kata dia, lebih ditujukan untuk merapikan jalur keluar-masuk dan pagar terminal. Kesan semrawut terminal, kata dia, lebih disebabkan karena belum adanya pembatas antara terminal dengan jalan yang berada di sisi Selatan yang langsung berhadapan dengan Pasar Prambanan.

“Kami memang dihadapkan dengan kondisi terminal yang sangat sempit. Namun kami yakin upaya mempercantik wajah pintu masuk Prambanan bisa dilakukan,” ungkap dia.

Selain renovasi terminal, menurut Hardjito arus masuk-keluar kendaraan angkutan penumpang terminal Prambanan juga perlu ditertibkan. Dia mengatakan, jalur Bus Trans Jogja dan angkot bisa dibuat berbeda bisa mengurangi kemacetan di sekitar terminal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: