Angka kemiskinan Berbah mencapai 24%

Kemiskinan dan pengangguran masih menjadi tantangan besar di kecamatan Berbah pasca terjadinya gempa bumi yang meluluhlantakkan daerah ini pada 2006 lalu.

Data terakhir menunjukkan sebanyak 24,67% dari total 47.055 jiwa penduduk Berbah masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Camat Berbah Krido Suprayitno mengatakan, untuk menekan angka kemiskinan tersebut, pihaknya menerapkan strategi klaster. Stretegi ini dijalankan dengan membagi tahapan penanggulangan kemiskinan ke dalam tiga tahap.

Penanggulangan kemiskinan untuk klaster tahap pertama dilakukan dengan pendekatan melalui orang-per orang. Strategi ini, kata dia, ditujukan untuk warga yang tidak tergabung dalam kelompok permberdayaan masyarakat apapun.

Sedangkan untuk penanggulahan pada klaster kedua, kata dia, ditujukan kepada kelompok-kelompok masyarakat yakni melalui program pemberdayaan. Pada tahap ini, pihak kecamatan menerapkan aliansi program penanggulangan kemiskinan.

“Strategi ini bisa menurunkan angka kemiskinan mencapi 6% dalam setahun. Jika bisa dipertahankan, pada 2015 mendatang, warga miskin di Berbah sudah tidak adalah lagi,” ujar dia saat ditemui di Berbah, Kamis (3/6).

Menurut Krido, penanggulanan kemiskinan tahap klaster kedua diprediksi belum akan secara sistematis menghilangkan angka kemiskinan. Karena itu strategi selanjutnya yang akan diterapkan, kata dia, adalah menerapkan klaster ketiga yakni menggelontorkan bantuan-bantuan kepada para pengrajin yang kekurangan modal.

Krido mengatakan, pada tahap ini kemiskinan sudah bisa ditekan semaksimal mungkin. Namun di sisi lain, pengangguran masih cukup tinggi. Karena itu target selanjutnya yang harus mendapat perhatian adalah para pengrajin yang kekurangan modal.

Dengan adanya suntinkan bantuan tersebut, kata Krido, maka para pengrajin bisa menjalankan kembali roda usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja. Dengan cara seperti itu, imbuhnya, pengangguran juga bisa makin ditekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: