Depok gencarkan sekolah jumat

Meski kecamatan Depok dikenal sebagai pusat perdagangan dan jasa yang berkembang pesat di Sleman, namun ternyata potret kemiskinan di daerah tersebut masih sangat terasa.

Data terakhir kecamatan Depok menunjukkan sebanyak 6.609 warga masih masuk dalam daftar keluarga miskin (Gakin) yang tersebar di tiga desa yakni Condongcatur, Caturtunggal dan Maguwoharjo.

Jumlah warga yang tidak mampu sebenarnya jauh dari angka tersebut karena selain data Gakin, Pemkab Sleman juga meng-cover warga yang dikategorikan rentan miskin yang bisa mengakses bantuan sosial. Jumlah penduduk Depok saat ini diperkirakan lebih dari 120 ribu jiwa.

Kasie Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Kecamatan Depok Joko Sumarsono mengatakan untuk mengurangi jumlah keluarga miskin, belakangan ini pihaknya telah menggencarkan program sekolah jumat.

Program ini merupakan bentuk fasilitasi pembinaan bagi ibu-ibu yang ingin berkiprah di usaha kecil dan menengah (UKM). Menurut dia, sejak digulirkan setahun lalu, setidaknya sudah ada 30 orang ibu tumah tangga bergabung dalam sekolah ini.

Para wanita ini, tukasnya, diberi pelatihan dan pembinaan pembuatan kerajinan tangan. Setiap Jumat, para peserta mendapat pelatihan dari kalangan pengusaha dan akademisi sehingga pada akhirnya mampu mendirikan usaha sendiri.

“Saat ini sudah ada yang memulai usaha walaupun masih dalam skala kecil-kecilan. Bahkan sudah ada yang kami sertakan dalam pameran kerajinan tingkat nasional,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di kantor kecamatan Depok, Jumat (4/6).

Meski mendapat respon yang cukup baik dari warga, Joko mengakui bahwa pengentasan kemiskinan lewat program ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena perubahan yang terjadi berlangsung secara perlahan.

Kendala utama yang sering dihadapi oleh peserta sekolah jumat ini, kata Joko, didominasi oleh permasalahan pemasaran. Selain itu, kata dia, di wilayah tersebut juga belum ada perusahaan yang tertarik untuk membantu para peserta lewat program corporate social responsibility (CSR).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: