JTM ditarget dongkrak 20% turis

Penyelenggaraan Jogja Travel Mart (JTM) diharapkan akan menimbulkan efek positif bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir mengatakan, pihaknya menargetkan pasca JTM, terjadi peningkatan kunjungan jumlah wisatawan ke DIY mencapai 20%. Menurut Tazbir, target tersebut sangat masuk akal karena antusiasme pelaku wisata yang diundang dalam acara JTM baik lokal maupun asing sangat bagus.

“Dari luar negeri, ada 20 travel agent yang datang, sedangkan yang lokal jumlahnya 70 agen,” ujar dia di sela-sela jamuan malam peserta JTM di Prambanan Resto, akhir pekan lalu.

Menurut Tazbir, respon yang ditunjukkan oleh peserta JTM jauh di atas ekspektasi dinas. Hal inilah, kata dia, yang membuat pihaknya bisa melampaui target tersebut. Meski baru digelar pertama kalinya, namun menurut Tazbir, efeknya akan sangat terasa bagi pariwisata DIY.

JTM mampu menghadirkan travel agent dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, China, dan Thailand. Sementara dari eropa, hadir satu buyer yakni dari Belanda. Di ranah lokal, juga ada travel agent dari Semarang, Surabaya, Jakarta dan Medan.

“Sebenarnya target kami hanya 50 saja,” ungkap Tazbir.

Tazbir mengatakan, antusiasme yang ditunjukkan oleh para undangan tersebut menunjukkan bahwa Jogja masih dianggap sebagai objek wisata yang potensial. Hal ini, kata dia, karena Jogja memiliki objek wisata yang sudah mendunia yakni Candi Prambanan.

Dia tindak memungkiri, roda pariwisata di DIY masih terkendala oleh infrastruktur yang masih belum memadai. Yang paling terlihat, kata dia, adalah infrastruktur di bandara Adi Sutjipto yang masih dikeluhkan oleh penerbangan internasional.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga harus melakukan pembenahan dalam menyambut kedatangan para turis. Tanpa adanya partisipasi dan kesadaran dari masyarakat, target tersebut mustahil bisa diwujudkan.

“Kami berharap banyak dari partisipasi masyarakat,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: