Petani beralih ke pupuk organik

Melambungnya harga pupuk pabrikan sejak beberapa bulan terakhir membuat para petani di wilayah Ngemplak beralih ke pupuk organik dan pupuk kandang.

Kenaikan pupuk pabrikan seperti varian Urea yang mencapai 33% bagi para petani terlalu mahal karena tidak berbanding lurus dengan penghasilan mereka. Hal ini disebabkan karena anjloknya harga gabah yang menjadi komoditas andalan para petani.

“Pupuk organik dan kandang kini menjadi pilihan para petani karena harga pupuk pabrikan sudah tidak terjangkau,” ujar Tri Koguna Maliki, pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Widodo Manunggal, Widodomartani, Ngemplak.

Menurut Tri, memang ada perbedaan karakter antara pupuk kimia (pabrikan) dengan pupuk organik. Efek pupuk kimia, kata dia, bisa langsung dirasakan tidak lama setelah proses pemupukan dilakukan.

Sedangkan untuk pupuk organik, tambah dia, efeknya tidak langsung bisa dirasakan. Dikatakan, untuk ukuran normal, manfaat pupuk organik itu baru bisa dirasakan setahun setelah dilakukan penaburan.

Tri mengatakan, sebenarnya pupuk organik juga mengalami kenaikan. Namun besaran kenaikannya tidak terlalu tinggi. Awalnya harga pupuk organik hanya mencapai Rp500/kilo. Namun belakangan harganya melambung menjadi Rp700/kilo.

“Sebenarnya kenaikannya mencapai 40%. Tapi karena harganya jauh lebih murah, besaran kenaikannya itu tidak terlalu terasa,” ungkap dia.

Dengan adanya kenaikan harga pupuk pabrikan itu, para petani belakangan ini kata Tri cenderung menurunkan komposisinya. Jika biasanya dalam sekali tanam, komposisi pupuk Urea bisa mencapai 30%, belakangan diturunkan maksimal menjadi 25% saja.

Sebaliknya, kata Tri, untuk pupuk organik, komposisinya makin dinaikkan. Jika awalnya komposisi pupuk organik untuk satu hektar lahan hanya mencapai 1 ton, belakangan dinaikkan menjadi 1,5 ton.

“Hanya itu yang bisa dilakukan untuk mengakali naiknya harga pupuk tersebut,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: