ADD tahun depan diusulkan 20%

Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk APBD 2010 diusulkan agar dinaikkan menjadi 20% dari pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) dengan belanja pegawai.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sleman Joko Supriyanto mengatakan usulan tersebut diwacanakan karena belakangan ini ada kecenderungan terjadinya penurunan besaran DAU sehingga sangat berdampak bagi ADD.

Menurut Joko, untuk meloloskan usulan tersebut, pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan kaian teknis kalangan eksekutif sebelum disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dikatakan, usul tersebut sangat mungkin bisa direalisasikan karena besaran ADD yang dipakai selama ini adalah batas bawah yakni sebesar 10% dari sisa DAU setelah dikurangi gaji pegawai. Besaran itu mengacu pada PP 72 Tahun 2005 tentang desa. Jika hal itu ingin direalisasikan, kata dia, maka payung hukumnya perlu segera dibuat.

“Perlu dibuat Perbup. Namun sebelumnya harus ada pengkajian apakah hal itu memungkinkan atau tidak,” ujar dia kepada Harian Jogja saat ditemui dalam sebuah acara di Prambanan, Senin (7/6).

Seperti diketahui besaran ADD tahun ini jumlahnya hanya mencapai 66% dibanding dengan besaran ADD tahun sebelumnya. ADD yang totalnya mencapai Rp6,8 miliar tersebut dicairkan dalam dua tahap yakni pada APBD murni dan APBD Perubahan.

“ADD yang sekarang hanya 66% dibanding dengan tahun lalu,” ujar dia

Wakil Ketua DPRD Sleman Endri Nugraha Laksana mengatakan pihaknya menyambut baik upaya eksekutif menaikkan besaran ADD. Menrut Endri, dewan pada prinsipnya memang mendorong agar ke depannya anggaran lebih difokuskan ke desa.

Menurut dia,  desa memang berhak untuk mendapatkan anggaran yang layak. Namun menurut dia, rumusan yang akan dibuat harus disepakati bersama terlebih dahulu sehingga tidak ada yang dikorbankan.

“Kami akan bahas hal itu di Banggar,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: