Bantuan pembangunan dukuh disetop

Bantuan pembangunan yang biasanya diberikan untuk setiap pedukuhan di desa Umbulmartani, Ngemplak terpaksa dihentikan tahun ini karena anggaran yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) turun secara drastis.

Kepala Desa Umbulmartani Atok Tri Yudianto Marjaya mengatakan terjadi penurunan penerimaan signifikan dari sumber ADD. Tahun lalu, kata dia, Umbulamartani, mendapat anggaran ADD sebesar Rp108 juta, sedangkan tahun ini jumlahnya merosot drastis menjadi hanya sebesar Rp36 juta saja.

Dikatakan, Pemdes Umbulmartani memang biasanya menganggarkan dana untuk pembangunan infrastruktur di pedukuhan untuk setiap tahunnya. Menurut dia, sejak beberapa tahun terakhir ini besaran dana pembangunan yang disalurkan ke 15 pedukuhan terus mengalami peningkatan.

“Awalnya dulu hanya disalurkan sebesar Rp500 ribu ke masing-masing pedukuhan. Setiap tahunnya mengalami  kenaikan. Tahun lalu, masing-masing dukuh menerima dana sebesar Rp2 juta,” ujar dia kepada Warta Sembada di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Menurut Atok, adanya penurunan anggaran tersebut membuat pihaknya untuk sementara ini terpaksa menghentikan program bantuan pembangunan tersebut. Pemdes, kata dia, lebih memilih untuk merealisasikan program-program yang memang sangat urgen bagi masyarakat.

Selain penghentian dana pembangunan dukuh, kata dia, dampak lain yang terjadi adalah terbengkalainya pembangunan mesjid di areal Kantor Balai Desa. Menurut dia, tahun lalu telah dianggarkan sebesar Rp25 juta untuk pembagnunan mesjid, sedangkan tahun ini rencananya akan dikucurkan dana sebesar Rp56 juta.

Namun dengan turunnya besaran ADD tersebut, kata dia, pemdes menjadi pesimis untuk merampungkan pembangunan mesdid tersebut. Dikatakan, ketergantungan terhadap ADD memang cukup tinggi.

Hal itu, ujar Atok, dikarenakan sumber pemasukan desa terutama dari penyewaan Tanah Kas Desa (TKD) tidak terlalu signifikan. Sementara itu, tambah dia, Pendapatan Asli Desa (PAD) juga cenderung tidak menentu.

“Besarannya masih naik turun berkisar Rp100 juta,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: