Komisi D bentuk tim kajian Raperda

Komisi D DPRD Sleman membentuk tiga tim yang ditugaskan untuk melakukan pengkajian naskah akademik terhadap tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang berkaitan dengan pendidikan.

Ketua Komisi D Arif Kurniawan mengatakan saat ini pihaknya memang tengah berupaya memecah Raperda pendidikan menjadi tiga Raperda yakni tentang Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT), Jaminan pendidikan, dan Pendirian sekolah.

Tim itu, kata dia, masing-masing akan terdiri dari enam orang yang keanggotaannya diambil dari Komisi D yang ditambah dengan unsur pimpinan dewan. Sementara untuk komposisi, kata dia, mengikuti prinsip proporsionalitas.

Menurut dia, tim itu nantinya akan melakukan kajian terhadap semua materi yang terkait dengan draf ketiga Raperda tersebut. Dikatakan, belakangan ini Komisi D memang telah intensif melakukan identifikasi dan inventarisasi draf ketiga Raperda tersebut.

Dikatakan, kajian akademis tersebut perlu dibuat karena nantinya ketiganya diproyeksikan menjadi Perda inisiatif dewan. Menurut Arif, pihaknya telah memenuhi tuntutan eksekutif yang menginginkan agar Raperda pendidikan dibuat dalam jangkauan yang lebih spesifik.

“Dulu kan Raperdanya mangkrak karena eksekutif beralasan cakupannya terlalu luas. Sekarang tentunya sudah tidak ada alasan lagi,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemui di gedung dewan, Selasa (8/7).

Arif mengatakan, khusus untuk Raperda GTT/PTT pihaknya menargetkan akan diselesaikan sebelum tahun ajaran baru 2010/2011 dimulai. Menurut dia, Perda tersebut memang sifatnya sudah sangat mendesak, karena ratusan GTT/PTT di Sleman menginginkan adanya payung hukum terhadap mereka.

Sementara untuk Raperda pendirian sekolah, kata Arif, merupakan wujud kepedulian dewan terhadap kemajuan pendidikan di Sleman. Tanpa adanya payung hukum, tambahnya, tidak akan ada standarisasi sekolah maupun tenaga pengajarnya.

“Dengan adanya Perda pendirian sekolah itu nantinya maka akan ada standarisasi pendirian sekolah maupun guru yang mengajar di sana,” ungkap legislator PAN ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: