Jalan kabupaten 14 tahun tak tersentuh pembangunan

Ruas jalan kabupaten Gathak-Groyokan yang merupakan jalur alternatif penghubung Prambanan-Klaten selama 14 tahun belum tersentuh pembangunan.

Padahal jalan yang panjangnya 4,2 kilometer ini merupakan jalur multiguna bagi warga di kedua kecamatan terutama bagi warga Sambirejo, Prambanan.

Kepala Desa Sambirejo Sukardi mengatakan warga setempat sudah mengusulkan perbaikan jalan ini sejak 14 tahun yang lalu. Namun hingga sekarang, belum ada tanda-tanda jalan yang melewati tiga pedukuhan tersebut akan diperbaiki.

Sukardi mengatakan, jika diperbaiki, jalur tersebut berpotensi mengangkat perekonomian di sekitar wilayah tersebut karena memperpendek jalur perdagangan. Selain itu, di daerah tersebut juga bertebaran situs purbakala seperti Candi Ijo, Candi Barongan, Candi Abang, Candi Boko dan Arca Gupala.

Menurut Sukardi, kondisi jalan tersebut saat ini sudah sangat memprihatinkan karena belum pernah tersentuh aspalisasi. Pada zaman orde baru, kata dia, sebenarnya pernah dilakukan pengerasan jalan oleh pemerintah.

Namun sayangnya, tambah Sukardi, pengerasan itu tidak ditindaklanjuti dengan pengaspalan sehingga lambat laun kondisi jalan kembali rusak. Dikatakan, Pemdes Sambirejo juga sebenarnya tidak tinggal diam dalam menghadapi keadaan tersebut.

“Tiap tahun selalu kami usulkan agar segera diperbaiki, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di Balai Desa Sambirejo, Senin (14/6).

Hanya saja, tambah dia, belakangan ini ada wacana yang dilontarkan oleh Pemkab bahwa jalan tersebut akan dibangun pada 2011 mendatang. Pihaknya berharap agar wacana tersebut bisa terealisasi sehingga   warga setempat bisa terbantu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) Sleman Yuni Zaffria melalui Kasie Prasarana Jalan Fauzan mengatakan jalan kabupaten di Prambanan yakni Gethak-Groyokan sudah diusulkan dalam anggaran 2011.

“Kami sudah mengusulkan, tapi belum bisa dipastikan apakah terealisasi atau belum karena masih harus ada pembahasan,” ungkap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: