Kalasan Selatan berpotensi jadi pusat perdagangan

Kawasan Kalasan bagian selatan khususnya di sepanjang Jalan Solo berpotensi menjadi pusat perdagangan unggulan.

Camat Kalasan Priyo Handoyo mengatakan, pihaknya baru-baru ini telah menggelar diskusi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman terkait dengan realisasi wacana tersebut.

Menurut Priyo, dilihat dari kondisi wilayah, Kalasan Selatan memang sudah tidak memungkinkan lagi dijadikan sebagai wilayah pertanian. Di saat yang sama di wilayah tersebut telah banyak berdiri tempat persinggahan pelintas batas, pusat oleh-oleh, pemancingan, sekaligus juga candi.

Dikatakan, potensi tersebut jika dikemas menjadi satu bisa mengangkat kawasan tersebut ke arah yang lebih baik sekaligus juga menguntungkan warga setempat. Karena itu, kata dia, pihaknya telah memikirkan bentuk tata ruang yang paling tepat untuk kawasan tersebut.

“Aspek ekonomi warga menjadi faktor penting,” ujar dia kepada Warta Sembada, saat ditemui dai Kantor Kecamatan Kalasan, Selasa (15/6).

Hanya saja, kata dia, sampai sejauh ini masyarakat di wilayah tersebut belum terlalu intens dalam mengelola industri kecil. Padahal, ungkap Priyo, itu merupakan suatu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk memasok produk-produk olahan ke pusat oleh-oleh.

Selain itu, kata dia, ketersediaan air sangat menunjang bagi pertumbuhan kolam-kolam pemancingan ikan yang bisa diintegrasikan dengan pendirian rumah makan. Dukungan topografi wilayah, kata dia, juga bisa menambah daya saing.

“Tinggal bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan potensi yang ada. Karena itu kami merasa perlu membuat kajian terhadap hal itu,” ungkap dia.

Potensi lainnya, kata Priyo adalah ayam goreng Kalasan yang selama ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Dikatakan, di daerah Tamanmartani sebenarnya sudah ada sentranya, hanya saja belum dikelola dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: