Warga Tamanmartani nantikan aspalisasi

Warga Tamanmartani Kalasan menantikan realisasi pengaspalan jalan desa yang kondisinya tengah rusah parah.

Kepala Desa Tamanmartani Basuki mengatakan jalan desa tersebut memiliki peran yang cukup penting bagi denyut ekonomi warga karena menjadi jalur utama bagi warga enam pedukuhan. Jalan sepanjang dua kilometer tersebut, kata dia, sebenarnya sudah mulai diperbaiki oleh warga.

Dikatakan, warga secara swadaya telah melakukan penataan batu sepanjang 800 meter. Warga berinisiatif melakukan hal itu, tambah dia, karena selama musim hujan beberapa bulan terakhir ini, jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

“Banyak kendaraan yang terjebak kalau melewati jalur tersebut saat musim hujan,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/6).

Menurut Basuki, jika dilihat keberadaan jalan desa tersebut, manfaatnya bagi warga memang cukup sentral. Selain sebagai jalur utama warga setempat, jalan tersebut juga mempengaruhi ekonomi warga sekitarnya.

Basuki mengatakan, jika jalan tersebut sudah diaspal, dipastikan harga tanah di sepanjang jalan tersebut juga akan ikut naik sehingga warga merasa diuntungkan. Selama ini, tambah dia, tanah di sekitar daerah teresebut cenderung masih rendah karena akses masuknya tidak bagus.

Ekspektasi warga terhadap perbaikan jalan tersebut menurut Basuki cukup tinggi. Pasalnya Plt Bupati Sleman Sri Purnomo beberapa waktu yang lalu pernah melakukan peninjauan ke lokasi dan menyatakan bersedia memberikan stimulan bagi warga.

“Saat itu Plt bupati meminta agar warga segera membuat proposal pengajuan,” ungkap Basuki.

Tidak butuh waktu yang lama bagi warga untuk menindaklanjuti usulan bupati itu. Proposal, kata Basuki, langsung dibuat oleh warga. Tidak hanya itu saja, warga juga secara swadaya telah membentuk panitia pelaksana.

“Kesadaran warga sudah sangat tinggi terhadap lingkungan mereka. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” harap Basuki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: