Pelajar cuap-cuap soal perbankan syariah

Sebanyak 10 finalis dari berbagai sekolah di DIY menyampaikan paparannya dalam Lomba Karya Tulis Esai untuk para pelajar SLTA, dengan tema “Anak Muda Bicara Bank Syariah” yang digelar di Ruang P1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (24/6).

Lomba yang merupakan kerjasama Bank BPD DIY Syariah,  Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Fakultas Ekonomi UII, dan Harian Jogja ini disambut antusias oleh para peserta.

Dalam presentasinya, para finalis mencoba melakukan pembahasan dalam perspektif yang berbeda. Shoim Mardiyah misalnya, melihat keberadaan BPD Syariah memang cukup penting bagi masyarakat.

Hanya saja, pelajar SMA I Panggang, Gunungkidul ini mengkritisi keberadaan jaringan BPD yang menurut dia belum begitu luas.  Untuk mencari ATM saja, kata dia, dipastikan masyarakat masih cukup kesulitan.

“Sebenarnya pengen menabung, tapi di Pandan belum ada jaringannya,” kata dia yang disambut gelak tawa penonton.

Selain jaringan, Shoim juga menilai BPD masih perlu membenahi publisitas. Iklan-iklan BPD Syariah, kata dia, masih ketinggalan jauh bila dibanding dengan iklan bank-bank konvensional yang ditayangkan di televisi.

Finalis lainnya, Noviyani memaparkan, pemahaman masyarakat soal bank syariah belum begitu bagus. Bahkan, kata dia, sebagian besar masyarakat masih menganggap bank syariah sama saja dengan bank konvensional.

“Masih butuh sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap dia.

Dalam makalahnya yang berjudul ‘Otokritik Perbankan syariah’, Noviani berharap agar BPD bisa melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun memberikan beasiswa kepada para pelajar sehingga lebih dikenal.

Pemimpin Unit Usaha Syariah BPD DIY Murdiyana mengatakan lomba tersebut digelar untuk  menyambut miladn Bank BPD DIY Syariah yang ke-3. Dikatakan, total hadiah yang diberikan kepada para pemenang mencapai Rp6 juta dalam bentuk tabungan.

Lomba ini, kata dia, mendapatkan antusiasme yang cukup baik dari para pelajar SLTA, terbukti terdapat 78 naskah yang masuk kepada penyelenggara. Setelah dilakukan penilaian, akhirnya ditentukan 10 besar karya tulis terbaik yang berhak mengikuti presentasi finalis.

Ditambahkan Murdiyana, lomba ini dimaksudkan sebagai ajang bagi pelajar SLTA untuk memberikan apresiasi dan mengenal lebih dekat eksistensi bank syariah di Indonesia. Diharapkan, melalui generasi baru setingkat pelajar SLTA inilah, maka bank syariah akan makin tumbuh dan berkembang, khususnya di wilayah DIY.

“Dalam 3 tahun  kami telah berhasil membubuhkan beberapa prestasi dengan pencapaian kinerja yang memuaskan,” ujar dia di sela-sela lomba.

Pencapaian kinerja ini, tambahnya, tidak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap Bank BPD DIY Syariah. Bagi BPD,  ungkap Murdiyana hal tersebut  patut untuk disyukuri dan merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat Yogyakarta yang telah menerima kehadiran bank syariah ini.

Sebagai bentuk terima kasih kepada masyarakat dan nasabahnya, kata dia, Bank BPD DIY Syariah akan semakin menunjukkan jati diri sebagai bank syariah yang modern dengan pelayanan yang semakin berkualitas.

Dengan semangat optimisme itulah bank ini telah menjadi bank syariah di DIY yang memiliki jaringan paling banyak dan merata ke seluruh kabupaten/kota di DIY. “Saat ini Bank BPD DIY Syariah dengan layanan syariahnya (office channeling) telah memiliki 22 kantor jaringan yang siap melayani transaksi syariah,” pungkas dia.

Pemenang     Nama            Asal Sekolah
Juara I        Ririn Oktaviani        SMA Negeri 7 Yogyakarta
Juara II        Ikhsan Brilianto        SMA Negeri 1 Yogyakarta
Juara III        Muhammad Ni’amul Hanif    MA Muallimin Muhammadiyah
Juara Harapan I    Gigih Prastowo        SMK PGRI 1 Sentolo
Juara Harapan II    Shoim Mardiyah        SMA Negeri 1 Panggang, Gunung Kidul
JuaraHarapan III    Vita Elisa Fitriana        SMA Negeri 8 Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: