Izin perpanjangan sewa TKD tidak beres

Pelepasan tanah yang tidak sesuai dengan prosedur bukanlah satu-satunya permasalahan yang terjadi pada Tanah Kas Desa (TKD) di kecamatan Depok.

Kepala Desa Condongcatur Marsudi mengatakan secara administratif juga sering terjadi kelalaian dalam memperbaharui sewa-menyewa TKD. Kelalaian itu, kata dia, terutama terjadi dalam mengajukan izin ke gubernur.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur, kata dia, perubahan peruntukan TKD harus mendapat izin ke gubernur. Namun pada kenyataannya, pengajuan tersebut sering terlewatkan sehingga secara administratif sudah terjadi penyalahgunaan.

“Ini biasanya terjadi pada TKD yang strategis lokasinya,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di Balai Desa Condongcatur, Jumat (25/6).

Dikatakan, persoalan seperti itu tidak hanya terjadi di Condongcatur saja, tetapi juga di desa-desa lain. Biasanya, kata dia, kelalaian perpanjangan izin itu terjadi pada tanah-tanah pelungguh yang menjadi hak perangkat desa.

Menurut Marsudi pihaknya saat ini sedang melakukan inventarisasi TKD sehingga nantinya bisa terlacak semua. Dikatakan, proses inventarisasi itu telah dilakukan sejak dua bulan yang lalu dengan melibatkan tim dari perangkat desa.

“Kami sudah membentuk tim secara resmi,” ungkap kepala desa yang menjabat sejak setahun lalu tersebut.

Marsudi menegaskan, inventarisasi tersebut bertujuan agar secara administrasi semua TKD bisa dipertanggungjawabkan. Bila sewaktu-waktu ada audit dari lembaga tertentu, kata dia, data yang telah diinventarisasi tersebut bisa disajikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyelewengan Tanah Kas Desa (TKD) di Depok tergolong tinggi. Kerawanan tersebut disebabkan karena data TKD yang dimiliki oleh pemerintah desa (Pemdes) sangat abu-abu.

Karena tidak adanya data yang jelas, tidak mengherankan banyak pihak yang mencoba untuk bermain baik warga maupun aparat Pemdes. Menurut Supardal, permasalahan tersebut memang cukup pelik. Sebagai solusinya, kata dia, kepela desa harus bisa merangkul semua dukuh di Caturtuunggal sehingga semua bukti-bukti yang menyangkut TKD bisa dikumpulkan lagi.

“Kalau dia tidak bisa merangkul semua dukuh, maka permasalahan akan terus terjadi,” ungkap Supardal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: