PAD minim, Jogotirto maksimalkan potensi wisata

Desa Jogotirto memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang paling kecil bila dibandingkan dengan tiga desa lainnya di Berbah.

Kondisi seperti itu cukup masuk akal mengingat desa ini berlokasi di wilayah yang jauh dari potensi perekonomian. Selain itu, sebagian besar Tanah Kas Desa (TKD) yang dimiliki oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Jogotirto juga banyak yang tandus sehingga tidak menghasilkan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Jogotirto Dwi Marwanto mengatakan rata-rata tiap tahunnya PAD Jogotirto masih di bawah Rp80 juta per tahun. Menurut dia, pihaknya memang kesulitan dalam mengangkat besaran PAD mengingat lokasi desa yang jauh dari jalan besar dan dari pusat keramaian.

Pemdes, kata dia, pernah menanyakan perihal tata ruang desa ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman untuk mengkaji kemungkinan pembangunan pabrik di desa tersebut. Namun oleh Bappeda, kata dia, hal itu tidak diizinkan karena Jogotirto diproyeksikan sebagai daerah agraris.

“Otomatis sulit mengarah ke sana,” ujar dia kepada Warta Sembada saat ditemui di balai desa Jogotirto.

Menurut Dwi, desa akan terpuruk jika hanya mengandalkan itu-itu saja. Karena itu pihaknya mulai melirik potensi wisata yang ada di desa tersebut yang layak untuk dijual sehingga mendatangkan pemasukan bagi desa.

Yang paling memungkinkan, kata dia, adalah pengembangan objek wisata goa Jepang, Candi Abang dan juga bumi perkemahan Kali Opak. Dwi yakin, jika potensi tersebut bisa dimanfaatkan maka wisatawan akan datang berbondong-bondong ke desanya.

“Produk wisata yang kami miliki sebenarnya cukup bagus. Cuma prasarana yang ada blm memungkinkan,” ungkap Dwi.

Karena itu pihaknya berharap agar Pemkab segera melakukan pembenahan sarana dan prasarana desa tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: