70% unit usaha di Caturtunggal tak berizin

Sebanyak 70% dari sekitar dua ribu unit usaha kecil dan menengah yang tersebar di berbagai penjuru desa Caturtunggal, Depok, belum mengantongi izin.

Kepala Bagian (Kabag) Pelayanan Umum Pemerintah Desa (Pemdes) Caturtunggal Bambang Harjati Susetyo mengatakan sejak beberapa tahun terakhir ini bisnis kecil-kecilan seperti kos-kosan, warung kelontong, warung pulsa dan laundry berkembang seperti jamur di musim hujan.

Menurut Bambang, Pemdes selalu memberikan himbauan kepada para pelaku usaha melalui dukuh setempat untuk mengurus perizinan. Namun pada kenyataannya, kata dia, himbauan tersebut jarang digubris oleh para pengusaha tersebut.

“Banyak yang ngotot mendirikan usaha meski belum mengantongi izin,” ujar dia kepada Harian Jogja saat ditemui di Balai Desa Caturtunggal.

Dikatakan, dalam hal ini pihaknya memang cenderung melakukan pendekatan yang persuasif dan mengabaikan cara-cara yan arogan. Para dukuh, menjadi andalan di lapangan karena merekalah yang paling tahu kondisi sebenarnya di lapangan.

“Setiap ada permasalahan di lapangan diselesaikan melalui lembaga pedukuhan,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, izin usaha bagi bisnis kecil-kecilan memang dibagi menjadi beberapa kriteria menurut Perda yang berlaku. Kriteria tersebut, kata dia dibagi berdasarkan besarnya permodalan yang digunakan oleh para pengusaha dalam mendirikan usaha.

Pihaknya berharap agar para pengusaha menyadari hal itu karena mereka juga merupakan bagian dari lingkungan masyarakat Caturtunggal. Dikatakan, baik Pemdes, warga maupun para pengusaha dalam hal ini memang sama-sama memiliki kepentingan.

“Kenyamanan warga juga kenyamanan bagi pengusaha,” tegas Bambang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: