DIM APBD-P 2010 sedot Rp112 miliar

Daftar Isian Masalah (DIM) prioritas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2010 yang sedang dibahas saat ini diperkirakan menyedot anggaran sebesar Rp112 miliar.

Beberapa kegiatan yang direncanakan dimasukkan dalam DIM APBD-P 2010 antara lain Alokasi Dana Desa (ADD), insentif untuk Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak tetap (GTT/PTT) serta gaji aparatur pemerintahan termasuk anggota dewan dan aparat pemerintah desa.

Ketua DPRD Sleman Kuswanto mengatakan DIM tersebut rencananya akan dialokasikan dari Selisih lebih perhitungan anggaran (Silpa) APBD 2009 yang besarnya mencapai Rp164 miliar. Selain untuk DIM APBD-P 2010, Silpa APBD 2009 juga digunakan untuk menutup kekuarangan anggaran APBD 2010 yang defisit sebesar Rp42 miliar.

Kuswanto mengatakan DIM merupakan kegiatan yang pendanaannya harus diprioritaskan karena programnya sudah ditetapkan menjadi agenda di APBD 2010 “Sudah diagendakan tetapi karena anggaran daerah tidak cukup, anggarannya baru diberikan untuk delapan bulan dan belum genap satu tahun,” tuturnya kemarin.

Dengan perhitungan tersebut, Silpa APBD 2009 nantinya hanya mensisakan anggaran Rp10 miliar untuk kegiatan baru di anggaran perubahan 2010. Meski masih cukup lumayan, Kuswanto berharap, kegiatan baru yang direncanakan diharapkan bukan pengadaan barang dengan nilai yang cukup besar.

Dia mengkhawatirkan hal itu hanya akan menyebabkan kegiatan tidak dapat terlaksana secara maksimal.  “Sisa waktu yang dimiliki untuk anggaran perubahan cukup pendek. Kalau mau pengadaan harus memperhitungkan kebutuhan waktu untuk lelang,“ jelasnya.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (DPKKD) Sleman Samsidi mengatakan kegiatan anggaran perubahan 2010 memang lebih diprioritaskan untuk anggaran yang belum penuh. Dia mengatakan, setiap kegiatan harus didanani hingga tuntas.

Mengenai sisa Rp10 miliar dari Silpa karena untuk membiayai DIM Samsidi mengatakan, belum bisa memastikan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk DIM APBD Perubahan 2010.  “Masih menunggu rekomendasi dari Bappeda sambil menyelesaikan pengesahan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan APBD 2009) ,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: