Pelantikan bupati dimungkinkan maju

Pelantikan Sri Purnomo dan Yuni Satia Rahayu sebagai pasangan bupati/wakil bupati Sleman periode 2010-2015 dimungkinkan maju dari jadwal semula.

Masa jabatan bupati yang menjabat saat ini akan habis pada 12 Oktober mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat juga telah mengisyaratkan pelantikan akan dilakukan bertepatan dengan habisnya masa jabatan pejabat lama.

Namun jadwal tersebut ada kemungkinan akan dimajukan karena pada hari yang sama merupakan hari pertama pelaksanaan bulan ramadhan. Sekretaris DPRD Sleman Suseno mengatakan banyak pihak yang juga mempertanyakan kemungkinan pelantikan akan berlangsung di awal puasa.

“Memang banyak yang mempertanyakan hal itu, tetapi hingga kini memang belum ada rencana perubahan jadwal dari atasan (Ketua DPRD dan Plt Bupati Sleman),” ujar dia kepada Warta Sembada di Gedung Dewan, Senin (12/7).

Hanya saja, jika memang akan ada pergeseran jadwal, secara hukum menurut Seno, kemungkinan yang bisa dilakukan adalah mengajukan hari pelantikan. Hal itu dikarenakan, jika dindur akan menyebabkan terjadinya kevakuman pemerintahan di Kabupaten Sleman.

Suseno mengatakan surat pengesahan dari Mendagri terhadap ketetapan hasil pemilihan dari KPU Sleman sudah ditandatangani oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Surat tersebut, kata dia, sudah diserahkan ke pimpinan dewan.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan pembentukan panitia pelantikan,” ujarnya.

Menurutnya, surat pengesahan dari Kementrian Dalam Negeri sebenarnya sudah diambil bersamaan dengan hasil pengesahan Pilkada Bantul dan Gunungkidul. Sementara penandatanganan oleh Gubernur DIY telah dilakukan awal Juli lalu, namun surat tersebut baru diterima pada Jumat (9/7) lalu.

Seperti diketahui Pasangan Calon Kepala Daerah nomor 4 Pilkada Sleman Sri Purnomo dan Yuni Satia Rahayu ditetapkan menjadi pemenang oleh KPU Sleman. Pasangan yang diusung oleh PDIP, PAN dan Gerindra tersebut memperoleh suara 35,18 persen sehingga Pilkada Sleman yang banyak diprediksikan berlangsung dua putaran meleset.

Terpisah Ketua DPRD Sleman Koeswanto mengatakan, hingga kemarin jadwal pelantikan masih tetap akan berlangsung 10 Agustus. Bahkan rencana tersebut menurut politisi PDIP tersebut telah diajukan ke Badan Musyawarah untuk mengatur penjadwalan kegiatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: